UJI
KOMPETENSI PPKN KURIKULUM 2013 BAB I KELAS IX SEMESTER GANJIL
SOAL
Jawablah
pertanyaan berikut ini dengan benar !
1. Bagaimana penerapan Pancasila sebagai dasar
negara pada masa awal kemerdekaan ?
2. Jelaskan latar belakang pemberontakan DI/TII
dan RMS di Indonesia !
3. Bagaimana penerapan Pancasila pada masa orde
baru ?
4. Jelaskan tantangan bangsa Indonesia dalam
menerapkan Pancasila sebagai dasar negara pada masa reformasi !
5. Jelaskan arti penting mempertahankan
Pancasila sebagai dasar negara !
6. Jelaskan kedudukan Pancasila sebagai idiologi
terbuka !
7. Berikan masing-masing 1 contok perilaku dalam
mewujudkan nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan kerakyatam dan keadilan
dalam kehidupan sehari-hari !
8. Berikan 3 contoh perwujudan nilai-nilai
Pancasila dalam bidang politik di lingkungan sekolah !
9. Bagaimana perwujudan nilai-nilai Pancasila
dalam bidang perahanan keamanan di lingkungan masyarakat !
10. Keteladanan apa saja yang dapat dicontoh dari
tokoh nasional dalam mewujudkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara ?
Jelaskan !
No
|
Jawaban
|
skor
|
1
|
Pada waktu itu kedudukan pancasila sebagai dasar negara dan
pandangan hidup bangsa telah disepakati oleh seluruh bangsa indonesia. Namun,
dalam perwujudannya banyak sekali mengalami pasang surut. Bahkan , sejarah
bangsa kita telah mencatat bahwa pernah ada upaya untuk mengganti pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dengan ideologi lainnya
seperti PKI, DI/TII, RMS, PRRI-Permesta, APRA.
|
10
|
2
|
Latar belakang dari adanya pemberontakan di/tii adalah
menginginkan ajaran Islam menjadi dasar negara Indonesia, sedangkan latar
belakang dari adanya pemberontakan RMS adalah rakyat maluku itu sendiri
menginginkan kemerdekaan dan mendirikan negara kesatuan sendiri
|
10
|
3
|
Penatanan hidup berbangsa dan bernegara guna mengoreksi
pemerintahan masa lalu dengan janji melaksanakan Pancasila dan UUD 45 secara
murni dan konsekwen.
|
5
|
4
|
1.
Pengaruh globalisasi yang mempengaruhi dan mengancam nilai-nilai
Pancasila globalisasi mengakibatkan kebebasan tanpa batas di mana munculnya
paham-paham baru meniru kebudayaan luar yang bertolak belakang dengan nilai
luhur.
2.
Munculnya ideologi baru seperti ideologi liberalis, kapitalis,
dan hedonisme yang dibawa oleh pengaruh luar yang sangat bertolak belakang
dengan ideologi kita Pancasila.
3.
Korupsi merupakan tantangan penerapan Pancasila pada masa orde
lama sampai pada masa reformasi ini belum juga menemui titik terang untuk
menyelesaikannya.
4.
Selanjutnya adalah menurunnya rasa persatuan dan kesatuan
5.
Kondisi masyarakat yang diwarnai oleh kehidupan yang serba bebas
(kebebasan berbicara, berorganisasi, berekspresi, berkomunikasi, dan lain
sebagainya).
|
10
|
5
|
Karena, Pancasila merupakan cerminan hidup bagi Rakyat
Indonesia dan Pancasila juga merupakan lambang Negara Indonesia.
|
5
|
6
|
Pancasila
pada dasarnya adalah sebuah bentuk contoh dari ideologi terbuka. Hal tersebut
dikarenakan :
1.
Pancasila adalah sebuah bentuk cita-cita dan harapan dari
masyarakat Indonesia.
2.
Pancasila pada dasarnya adalah sebuah ideologi yang dimana
berasal dari kehidupan masyarakat Indonesia.
3.
Pancasila bukanlah sebuah ideologi yang dibuat secara cepat,
tetapi kemudian dilakukan sebuah penafsiran yang dimana mendalam dan berbeda
menurut perkembangan zaman pada sebuah generasi tertentu. Hal tersebut
kemudian membuat Pancasila memiliki sebuah nilai yang dimana kuat untuk
mengikat.
4.
Pancasila adalah sebuah ideologi yang dimana memiliki sifat
untuk menghargai adanya sebuah perbedaan dan juga keragaman masyarakat secara
luas.
|
15
|
7
|
1.
nilai ketuhanan: berdoa kepada tuhan yang kita yakini, dan tidak
mencela orang jika berbeda keagamaan dengan kita, karena pada dasarnya semua
agama mengajarkan kita kebaikan.
2.
kemanusiaan: mempunyai belas kasih terhadap sesama manusia.
3.
persatuan: tidak berusaha memecah belah teman jika ada yang
berbeda, malah seharusnya jika ada yang berbeda harus dikasihi, terkadang
perbedaanlah yang menyatukan.
4.
kerakyatan: tidak menyombongkan diri ketika menjadi orang kaya
5.
keadilan: adil bagi seluruh warga, dan tidak membedakan dia daro
ras apa, agama apa, warna kulit dan lain-lain
|
15
|
8
|
Penerapan
nilai-nilai pancasila dalam bidang politik di sekolah:
a. Musyawarah
pembentukan struktur kelas.
b. Pemilihan ketua
kelas.
c. Pemilihan ketua
OSIS.
d. Mengikuti
kegiatan ekstrakurikuler.
e. Mengikuti
berbagai organisasi seperti OSIS, Rohis dan lain-lain.
f. Menghormati
pendapat teman.
g. Menerima hasil
keputusan bersama.
h. Memilih ketua
Komite sekolah oleh pihak sekolah.
|
10
|
9
|
Perwujudan nilai - nilai pancasila dalam bidang pertahanan
keamanan di lingkungan masyarakat adalah dapat dilakukan dengan
cara
1.
Secara sukarela akan turut serta dan kemudian akan ikut
berparitispasi di dalam melakukan penjagaaan terhadap keamanan lingkungan
sekitar.
2.
Secara sukarela akan ikut turut serta di dalam melakukan
penjagaan terhadap keamanan seperti dengan cara membantu pihak bawajib didalam
proses melakukan penjagaan terhadap lingkungan.
3.
Ikut bersama dan memelihara sebuah ketertiba dan juga kemanan
yang ada di dalam lingkungan masyarakat.
4.
Di dalam sebua paham kedaerahan yang dimana sempit sebaiknya
paham tersebut segera dijauhi.
5.
Melakukan sebuah kegiatan penolakan apabila melihat sebuah paham
komunisme.
6.
Melakukan segala macam kegiatan penolakan apabila melihat sbeuah
paham atheisme.
7.
Akan melaporkan kepada pihak berwajib sepertii kepolisian jika
melihat sebuah hal yang dimana membahayakan dan mengancam masyarakat sekitar.
8.
Akan ikut berpartisipasi secara sukarela apabila terdapat sebuah
program bela negara.
9.
Akan melaporkan sebuah tindakan kejahatan yang dimana akan
terjadi dilingkungan tempat tinggal sekitar.
|
10
|
10
|
Nilai-nilai
Pancasila yang dikembangkan oleh para tokoh kemerdekaan RI, antara lain
sebagai berikut.
a.
Ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
b.
Memiliki sikap untuk berani dalam
memperjuangkan keadilan dan kebenaran
c.
Pendirian setiap bangsa di dunia memiliki
harkat dan martabat yang sama
d.
Sikap rela berkorban, harta, jiwa, tenaga,
dan pikiran demi kepentingan bersama
e.
Sikap bersedia musyawarah dan mufakat dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara
f.
Sikap sederhana dalam hidup, hemat, bekerja
keras, dan pantang menyerah
g.
Sikap persatuan dan kesatuan bangsa
meskipun didalamnya terdapat perbedaan asal-usul, suku, ras, agama dan
sebagainya
1.
h. Sikap mengutamakan kepentingan umum di
atas kepentingan golongan dan pribadi
|
10
|
jumlah
skor
|
100
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar